10 BARANG YANG WAJIB DIBAWA SAAT TRAVELING

Kamu orang yang suka traveling
Kalau sudah berbicara tentang traveling pastinya kita dituntut untuk packing. Tapi apa saja sih yang sebenarnya perlu kita pack? Tentu setiap orang kebutuhannya berbeda-beda. Ada yang berlebihan sampai barang yang tidak perlupun dibawa juga, yang akhirnya cuma bikin tas atau koper menjadi berat. Tapi ada juga yang terlalu cuek sampai terkadang lupa tidak membawa barang-barang penting yang sebenarnya sangat dibutuhkan. Supaya tidak lupa atau tidak berlebihan membawa barang, ada baiknya kita list dulu barang-barang apa saja yang sekiranya kita butuhkan saat kita travel nanti. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk menyiapkan. Dan traveling pun akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan. 




Nah, berikut ini adalah 10 barang wajib yang harus aku bawa ketika travelling :


1. SAJADAH PORTABEL
Ini penting sekali karena saat kita traveling ke tempat asing, sulit untuk memprediksi apakah tempat tersebut dekat atau tidak dengan Masjid/Musolla. Mungkin kita bisa saja pakai Google Map untuk mencari, tapi jujur saja aku tidak begitu mempercayainya 100% nanti yang ada malah menghabiskan waktu sia-sia, ya walaupun kita mendapat keringanan dengan shalat qoshar. Namun berbiacara waktu, siapa yang bisa memprediksi? Jadi sajadah portabel ini benar-benar barang wajib bagiku saat traveling.

2. ALAS KAKI YANG NYAMAN
Saat traveling pasti kita akan banyak melakukan jalan kaki. Nah, memakai alas kaki yang nyaman akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Mau sepatu atau sandal terserah yang penting bawa yang ternyaman. Dan bagi yang muslimah jangan lupa kaos kakinya ya.

3. DEODORAN
Aku adalah termasuk orang yang kosen sekali dengan bau badan. Sebisa mungkin aku akan memastikan keberadaanku tidak mengganggu orang lain. Karena aku pribadi sangat bete sekali kalau ada orang yang bau badannya tidak dijaga. Selain tentunya tidak betah berlama-lama dengan baunya, obrolan nantinya juga pasti akan semakin tidak nyambung. Ya bagaimana mau nyambung kalau pernapasannya sangat terganggu dengan bau yang tidak sedap. Apalagi saat traveling kita pastinya akan banyak melakukan jalan kaki, belum lagi kalau pas cuaca sangat panas dan membuat keringat bercucuran. Gimana kalau kita bertemu orang baru? Duh pokoknya deodoran penting dan wajib bawa deh.

4. SKIN CARE
Kulit wajahku termasuk jenis yang sangat sensitif, tidak bisa menggunakan produk sembarangan atau ganti-ganti. Jadi aku selalu memastikan sabun cuci muka tidak boleh ketinggalan. Soothing day cream dan krim tangan juga penting karena kalau tangan sudah mulai kering biasanya aku punya kebiasaan buruk, yaitu menggigit-gigit bagian yang kering. Tentu hal tersebut tidak higienis, jadi aku harus pastikan hal itu tidak sampai terjadi. Aku termasuk tipe perempuan yang tidak begitu rempong dengan perawatan. Sabun cuci muka, krim tangan, lip balm dan pelembab saja sudah sangat cukup.

5. OBAT-OBATAN
Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Biasanya aku akan membawa kotak kecil berisi obat-obatan seperti misalnya panadol, tetes mata, plaster, dan minyak angin. 

6. BUKU
Karena lebih seringnya aku melakukan perjalanan sendiri, buku adalah alternatif terbaik untuk mengisi waktu dalam perjalanan. Selain buku bacaan, aku juga biasanya membawa buku jurnal kecil untuk men-tracking kegiatanku selama traveling

7. CHARGER
Aku yakin barang yang satu ini sangat penting bukan hanya buatku tapi juga buat setiap traveler. Biasanya charger akan disatupaketkan dengan headphone untuk dibawa. Tapi bagiku headphone tidak terlalu penting dan tidak menjadi barang wajib untuk kubawa. Kenapa? Karena saat melakukan perjalanan, aku ingin penglihatan dan pendengaranku fokus untuk melihat dan mendengar sekelilingku saat itu. Sebisa mungkin aku juga akan mengurangi kegiatan dari gadget kecuali saat mengambil foto. Sekarang aku juga sudah tidak menggunakan camera SDLR lagi, karena menurutku HP saja sudah cukup untuk mendokumentasikan moment. 

8. BOTOL AIR MINUM
Dalam rangka berpartisipasi menjaga bumi, sudah sekitar 2 tahun belakangan ini aku selalu memastikan untuk membawa botol air minum kemanapun aku pergi, terlebih lagi saat traveling.  Selain botol air minum aku juga menyelipkan satu atau dua reusable bag dan juga sedotan stainless ke dalam tas gendongku. Aku yakin langkah kecil memberi dampak yang besar.

9. BAJU GANTI SEKEDARNYA
Pernahkah kamu temukan orang yang pergi liburan seminggu membawa baju ganti untuk 2 minggu? Duh, kalau aku sih tidak serempong itu. Paling membawa sekedarnya saja, kalau misalnya pergi untuk 4 hari paling aku akan membawa dua stel baju dengan warna gelap, trus bawa satu cardigan berwarna atau bercorak supaya paling tidak ketika berfoto tidak terlalu terlihat suram hahaha...
Kalau saking kepepet harus ganti baju karena emergensi, kan bisa beli. Itung-itung kenang-kenangan liburan.

10. HANDUK KECIL
Handuk kecil bagiku mempunyai multifungsi, selain untuk mengelap badan setelah mandi. Bisa juga digunakan untuk penutup cahaya lampu saat mau tidur jika menginap di hostel. Kenapa lampu tidak dimatikan saja? Kalau kamu juga seorang yang yang suka berpergian sebagai backpacker pasti tau sekali bahwa tidak setiap orang yang menginap di tempat itu pulang dengan waktu yang sama. Ada yang sudah tidur dan ada yang baru pulang, jadi mau tidak mau lampu mati dan nyala semaunya hahaha... jadi itulah gunanya handuk kecil, menutup cahaya lampu supaya kita tetap  bisa tidur meskipun lampu mati dan nyala semaunya. Ya, aku lebih sering menginap di hostel ketimbang di hotel. Karena di hostel sangat memungkinkan untuk aku bisa sharing pengalaman dengan backpaker lain yang meginap di situ juga. 

Itulah 10 barang penting versiku. Sebagimana yang kubilang di awal kalau setiap orang pasti mempunyai kebutuhan yang berbeda. Jadi apa yang penting bagiku belum tentu penting bagimu. Tapi boleh dong berbagi versi siapa tau setelah membaca ini kamu jadi terinspirasi, dan lain kali bisa meminimalis list packing-an agar tidak rempong ketika melakukan perjalanan. 
Segitu dulu sharing kali ini ya, terimakasih sudah mampir, dan selamat karena tulisanku memilihmu untuk menjadi pembacanya :)

Comments

Maitra Tara said…
Kadang2 pengen gitu jadi traveller, tapi akunya lebih suka angkrem di kamar🤣🤣🤣🤣
Windumadness said…
Dicoba mba, siapa tau jadi ketagihan 😅

Popular Posts