SAATNYA PEDULI LINGKUNGAN

Kerusakan lingkungan di berbagai negara kini menjadi perbincangan yang hangat di media-media. Namun begitu, masih banyak sekali yang hatinya belum tersentuh dan mau mengambil pelajaran meski telah tertimpa bencana-bencara dampak dari kerusakan lingkungan tersebut. Banyak organisasi yang mengatasnamakan peduli lingkungan semakin gencar melakukan kampanye pentingnya berpartisipasi menjaga lingkungan karena dunia ini sepertinya sudah krisis kepedulian terhadap lingkungan. Banjir di mana-mana, kebakaran hutan, laut yang kotor, dan suhu bumi yang semakin hari semakin panas (Global Warming).
Tentu perubahan besar harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Baru beberapa minggu yang lalu banjir telah menenggelamkan sebagian wilayah di Jakarta. Menyalahkan pemerintah atas kejadian ini juga sepertinya bukan tindakan yang tepat, mungkin semesta mulai bosan dengan tingkah manusia. Hingga semestapun meminta Tuhan nya untuk menurunkan bencana.
Mari bersikap bijak, ini bukan lagi tugas pemerintah tapi juga tugas warganya untuk berpartisipasi menjaga lingkungannya.

Bagaimana cara kita berpartisipasi menjaga lingkungan?

1. Membuang sampah pada tempatnya
Sesederhana itu, tapi mengubah pemikiran manusia memang sulit. Bahkan ketika telah tertimpa dampaknya pun mereka tetap hobi sekali membuang sampah sembarangan. Contohnya; di kali. Ini tindakan yang salah kaprah. Ayo mulai sekarang stop buang sampah di kali! Tegur jika kamu melihat ada yang melakukannya dan beri pemahaman yang baik kepada mereka.

Stop!!!
2. Mengurangi sampah plastik sekali pakai
Biasakan membawa tumbler sendiri kemanapun kamu pergi. Ke sekolah, ke tempat kerja, atau pas lagi jalan-jalan. Bawa reusable bag ketika belanja, dll. Bayangkan bagaimana bahagianya biota laut jika setiap dari kita mererapkan hal ini.

Ini sangat tidak keren :(

3. Gotong royong bersama warga membersihkan selokan
Salah satu cara untuk mengantisipasi banjir, selokan-selokan di sekitar perumahan harus bersih. Nah, kamu harus ikut turun tangan ketika ada gotong royong, jangan absen terus. Sebagai warga yang baik kamu harus ikut berpartisipasi dalam perbaikan kawasanmu. Karena dampak baiknya nanti kamu juga yang menikmatinya.

Kerja bakti

Itulah tiga cara mudah berpartisipasi peduli dengan lingkungan. Jangan lupa ajak orang-orang di sekitar kamu untuk ikut berpartisipasi juga. Dari yang paling dekat seperti keluarga, dan terapkan pada anak-anak agar menjadi terbiasa sejak dini. Tegur dengan baik jika melihat orang mencemari lingkungan. Semoga dengan partisipasi kecil kita menjadi sebab perubahan besar untuk lingkungan dan bumi kita.
Terima kasih sudah mampir dan selamat karena tulisanku memilihmu untuk menjadi pembacanya :)


Comments

Popular Posts