EPISODE SELF CARE; JADIKAN DIRIMU PRIORITAS

Assalamu'alaikum, semoga pembaca dalam keadaan baik dan bahagia ya...
Kali ini aku ingin membahas tentang self care bardasarkan pengalaman pribadi. Bersikap mendahulukan diri sendiri sebelum orang lain itu susah-susah gampang. Terlebih lagi bagi yang memang pada dasarnya punya sifat sangat caring plus nggak enakan. Orang lain selalu jadi prioritas sedangkan diri sendiri entaran deh, apalagi kalo sudah sayang. Hehe... Padahal yang demikian itu kurang tepat! Seharusnya kita menjadikan diri sendiri sebagai prioritas sebelum apapun dan siapapun. Dengan begitu kita bisa memberikan yang terbaik untuk orang lain tanpa harus menjadikan diri sendiri sebagai tumbal.

Aku pernah:
  • Berusaha menjaga hubungan baik dengan orang yang kurang baik di dalam berorganisasi, dan bertahan demi kepentingan banyak orang. Kupikir itu it's okay, tapi ternyata semakin lama sangat melelahkan secara mental dan emosi.
  • Selalu mendengarkan dan mentoleri drama-drama yang terjadi di antara orang-orang sekitar, tanpa kusadari  hal-hal negatif telah dikonsusmsi oleh otak dan hati.
  • Menyanggupi segala macam kegiatan, tanpa kusadari hanya ada waktu dan energi sisa untuk diriku sendiri. 
  • Hanya akan istirahat kalau to-do-list nya sudah selesai, tanpa disadari badan mulai protes.
Kamu pernah mengalami hal yang sama atau serupa?
Kalau pernah, kamu butuh break! Saatnya kita aware dengan self care...


Bagaimana caranya?
Jika kasusmu sama dengan kasusku, silahkan baca solusi di bawah ini:


  • Tanamkan pada diri bahwa bilang tidak pada sesuatu itu tidak apa-apa. Tidak semua hal harus di-iya-kan. Jika kamu sudah bisa dengan PD bilang tidak untuk sesuatu yang tidak kamu ingini, maka pondasi untuk keberlangsungan hidupmu kedepan sudah terbangun dengan kuat.
  • Beranikan diri untuk men-stop. Jika ada teman atau siapapun yang bercerita hal-hal yang tidak berfaedah, kamu harus berani menghentikan nya. Jika dia tidak mau berhenti juga, maka kamu yang harus berhenti mendengarkan nya. Kamu punya hak untuk memfilter apa yang akan kamu konsumsi.
  • Jadikan diri sendiri sebagai prioritas. Sepeduli dan sesayang apapun kamu terhadap orang lain, percayalah bahwa dirimu lebih pantas mendapatkan itu.
  • Belajar untuk slow down & mindfulness. Tidak semua hal bisa kita kerjakan dengan sempurna. Terkadang it's okay jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Ajak pikiran untuk ikut serta beristirahat ketika badan sudah ngasih kode. Dengan begitu kamu akan relax dan lebih siap untuk menghadapi atau mengerjakan apapun.
Jika di dalam proses awalnya kamu merasa kurang nyaman karena kawatir dengan komentar orang itu wajar, tapi nanti kalau kamu sudah merasakan dampak dari kepedulianmu terhadap dirimu sendiri maka kamu akan dengan mudah melupakan komentar orang. Jangan pernah ragu untuk membahagiakan diri sendiri. Because self care is not selfish!

Terima kasih sudah mampir untuk membaca :)


Comments

Popular Posts