EPISODE 2 - SELF CARE ; MEMPERBAIKI POLA TIDUR

Assalamu'alaikum, semoga pembaca dalam keadaan sehat dan bahagia :)
Tidur adalah perawatan diri. Apa kamu pernah merasa kurang fokus ketika beraktifitas? Trus merasa mudah lelah? Dan mood-nya swing kebangetan?
Mungkin itu semua karena kamu kurang tidur, atau pola tidurmu tidak teratur dengan baik. Nah self care episode kali ini aku akan membahas tentang pola tidur. Aku juga akan memberi tips-tips bagaimana memperbaiki pola tidur dan atau supaya tidurmu semakin berkualitas. Sekali lagi ini berdasarkan pengalamanku pribadi. Karena aku tidak akan PD memberi tips jika hal tersebut tidak aku alami atau belum pernah aku praktekkan.
Kurang tidur bisa meningkatkan anxiety dan mental illness symptoms. Sedangkan tidur yang cukup akan membuat kamu lebih sehat luar dalam. Jadi kualitas dan kuantitas tidur itu sangat mempengaruhi kualitas hidup serta kesehatan seseorang secara keseluruhan.

WM's Design
Nah aku jenis yang mwmiliki inaomnia primer dan itu nggak enak banget gaes, bolak-balik badan sampe pegel tidak bisa tidur eh tau-tau udah pagi :(Sedikit cerita pengalamanku, aku pernah menderita insomnia primer. Apa itu insomnia primer? Insomnia primer adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang sulit tidur tanpa ada kaitannya dengan kondisi medis lain. Insomnia ada dua jenis gaes, selain primer ada juga insomnia sekunder. Yang sekunder ini adalah gangguan tidur yang disebabkan dengan konsdisi medis lain. Misalnya seseorang itu sakit dan mengkonsumsi obat-obatan yang efek sampingnya menjadikannya sulit untuk tidur.
KAdang-kadang malah tidak tidur selama 48 jam. Padahal tidur adalah kebutuhan yang harus dipenuhi supaya sistem dalam tubuh dapat bekerja secara normal. Jika gangguan tidur terus terjadi, tidak hanya bisa memberi dampak negatif untuk kesehatan fisik tapi juga berdampak buruk untuk kesehatan jiwa. 

Penyebab insomnia ada banyak. Diantaranya; stress, pola hidup yang tidak sehat, kafein, masih banyak yang lainnya. Setelah aku sadar bahwa beberapa sebab-sebab itu ada pada diriku, aku langsung memutuskan mengambil langkah kecil untuk melakukan perubahan. Dan langkah pertama yang aku ambil adalah mencari tau kenapa sebab-sebab itu bisa terjadi pada diriku.

1. Stress
Faktor pekerjaan yang terlalu kupikirkan secara berlebihan. Kebanyakan kegiatan dalam berorganisasi sampai waktu dan energi untuk diri sendiri hanya tinggal sisa-sisanya saja.

2. Pola hidup yang tidak sehat
Jarang makan tapi sering ngemil. Kurang minum air putih, kurang makan buah dan sayur. Kecanduan dengan HP sampai bergadang, padahal kata bang Haji Rhoma Irama jangan bergadang kalau tiada artinya gaes hehe... dan kurang olahraga.

3. Kafein
Bisa dibilang aku adalah pecinta kopi dan teh hitam. Dalam sehari bisa minum sampai beberapa gelas.

Lalu langkah apa lagi yang diambil setelah tau kenapa sebab-sebab itu bisa ada pada diriku?

Mulai membuat perubahan, tidak berlebihan memikirkan sesuatu seperti pekerjaaan atau apapun itu. Mengurangi kegiatan yang sifatnya memang tidak wajib dan banyakin me time - nya. Memperbaiki pola makan. Melatih diri untuk makan buah dan sayur dan tentunya minum air putih. Aku sebenarnya suka sekali makan sayur tapi mungkin kurang seimbang aja dengan cemilan yang aku makan.
Mulai rajin olah raga, aku suka jalan kaki dan bersepeda. Nah yang paling penting atur waktu sebaik mungkin untuk kapan aku bisa main HP. Dan sekarang aku juga hanya minum teh atau kopi sekali saja dalam sehari, bahkan terkadang tidak minum sama sekali dalam seharian.

Apa dengan merubah itu semua langsung bisa tidur dengan berkualitas?

Tentu tidak! Ada trik-trik lain yang aku lakukan untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena insomnia yang aku alamni belum sampai pada tahap kronis maka sedikit lebih mudah untuk diatasi. Tanpa harus ke dokter atau memerlukan obat-obatan. Dalam artian bisa dilakukan sendiri secara non-farmakologi.
Aku melakukan teknik relaksasi, terapi kognitif, restriksi, dan kontrol stimulus.

Beriku ini beberapa tips yang yang bisa dilakukan sebagai faktor pendukung untuk mendapat tidur yang berkualitas.

  • Pastikan sudah shalat isya', kalau bisa ditambah witir sekalian
  • Tentukan jam berapa kamu mau tidur. Sebaiknya pukul 22:00 karena ini waktu yang sangat recommended untuk beristirahat
  • Pastikan untuk membersihkan wajah. Memakai lotion pada tangan, kaki, dan bagian tubuh yang mudah dijangkau guna untuk menjadikan kulit lebh relaks. Pilih produk-produk yang aman supaya kulitmu tidak iritasi 
  • Bersihkan tempat tidur dan pakai kaos kaki favoritmu. Memakai kaos kaki memberi kenyamanan sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak
  • Membaca buku 30 menit
  • Pastikan untuk mematikan WIFI/DATA pada HP-mu
  • Dzikir
  • Hadapkan tubuh ke arah kanan dan mulai tidurlah
Sejauh ini itulah faktor-faktor pendukung yang aku lakukan sebelum tidur sehingga kini aku bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dan tentunya bisa bangun tepat waktu keesokkan harinya tanpa rasa cemas. Badan lebih segar dan berenergi untuk beraktifitas. Jika kamu juga mempunyai masalah dengan tidur, harap segera mengindentifikasi penyebab-penyebabnya dan lakukan perubahan sesegera mungkin. Sebelum hal-hal negatif berdampak pada fisik dan mentalmu. Sekian dulu sharing kali ini. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat. Terima kasih karena sudah mempir untuk membaca :)

Comments

Popular Posts