EPISODE 5 - SELF CARE; MEMBACA

Assalamu'alaikum, semoga kesehatan dan keimanan kalian dalam keadaan terbaik. Aku excited banget dengan tema self care kali ini. Kalau dengar kata membaca, apa yang ada di pikiran kalian? Sebagian orang pasti ada yang langsung ngantuk hahaha...
Tapi kupikir dijaman sekarang ini banyak yang sudah mulai sadar bahwa membaca itu sangat penting, ya walaupun sebagian orang lebih suka membaca status teman di media sosial. Memang tidak salah, karena kita sedang berada di era teknologi. Nah tinggal bagaimana kita mem-filter apa yang kita baca di media sosial. Berdasarkan penelitian di media sosial yang ku punya, banyak  sekali ternyata teman-teman yang lebih tertarik membaca status yang kontroversial, atau pisuhan. Mereka juga lebih tertarik melihat postingan foto daripada artikel. Jadi banyak orang yang menjadikan foto sebagai trik menarik minat orang untuk membaca. Itupun jika fotonya bukan foto selfie sedikit sekali sepertinya yang tertarik, itulah kenapa banyak orang yang ingin menyampaikan sebuah pesan selalu harus diembel-embelin dengan foto selfie. Bagian yang paling bikin kecewa adalah likes-nya banyak dan kolom komentar yang membludak namun isinya tidak sesuai dengan artikel atau pesan yang disampaikan, menunjukan bahwa mereka tidak membaca apa yang kita tulis dan hanya tertarik dengan foto selfienya saja. Asli super GAJE sih itu mah, hahaha...

Padahal membaca itu sangat penting, lho... Di era teknologi seperti sekarang ini kalau tidak mampu beli buku bisa membaca secara daring, gratis, ya walaupun harus modal internet data. Bahkan para penulis pun sekarang banyak yang berpindah platform secara daring. Tinggal pilih tulisan yang seperti apa yang ingin dibaca, lalu klik! Kalau aku pribadi masih tetap memilih membaca buku secara fisik daripada secara daring. Bukan hanya karena aku hobi membaca dan mengoleksi buku, tapi juga karena katanya secara penelitian ilmiah bahwa membaca di layar cenderung lebih cepat dan otak kita hanya bisa meyimpan sedikit dibanding dengan membaca buku secara fisik. Dan tentunya membaca buku secara fisik akan membuat kita bisa lebih fokus, tidak ada gangguan notifikasi dari gadget. Setiap orang kesukaannya pasti berbeda, mau membaca buku secara fisik atau daring yang penting biasakan membaca, yaaa...



Membaca juga salah satu tanda bahwa kalian menyayangi dan peduli dengan diri sendiri. Kenapa? Karena membaca banyak sekali menfaatnya. Aku akan membahas beberapa poin kenapa membaca itu sangat penting. 

1. Memperkaya Kosakata

Meskipun yang dibaca adalah buku dengan bahasa sendiri jangan dipikir kita sudah menguasainya seratus persen. Aku yakin di dalam setiap buku pasti akan kita temukan kosakata baru yang asing ditelinga kita.

2. Memperbaiki Ketrampilan Berkomunikasi

Semakin kaya dengan kosakata tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas di dalam berkomunikasi. Bahkan bagi orang-orang yang pemalu pun jika sudah terlalu banyak kosakata baru di dalam memorinya pasti akan ada dorongan baginya untuk mengeluarkan.

3. Meningkatkan Daya Imajinasi

Ketika berfikir akan menciptakan suatu karya, daya imajinasi yang tinggi akan sangat membantu. Otak kita bisa mengeluarkan ide-ide yang menakjubkan. Karena dengan membaca kita seperti diajak traveling ke berbagai tempat, lalu bertemu dengan banyak orang, menghadapi berbagai kejadian, seolah kita benar-benar mengalami. Pengalaman-pengalaman tersebut bisa dikumpulkan untuk kita jadikan pelajaran.

4. Lebih Fokus

Membaca sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi, dengan konsentrasi kepada satu hal saja, kita bisa belajar untuk lebih mindfulness. Tidak sedikit orang yang susah konsentrasi dan fokus karena tidak terlatih untuk mindfulness.

5. Mendapatkan Hiburan 

Tidak semua buku itu bikin pusing kok, lain halnya buku PR sekolah hehehe... Kita bisa mendapat hiburan dari membaca novel atau komik misalnya. 

6. Mendapatkan Pendidikan Gratis

Aku setuju bahwa pendidikan tidak hanya bisa didapatkan di sekolahan. Dimanapun asal mau belajar kita akan menjadi orang yang berpendidikan. Dengan membaca kita telah memberi asupan edukasi kepada diri sendiri.

7. Meningkatkan Pemahaman

Dengan membaca kita seperti dilatih untuk memahami berbagai hal dan perkara yang bisa diterapkan dalam kehidupan.


Tentunya masih banyak sekali manfaatnya, itu hanya beberapa saja. Apa yang kita baca bisa mempengaruhi cara berfikir karenanya sangat penting sekali mem-filter bahan bacaan. Membaca adalah memberi asupan kepada otak, jadi pilihlah asupan yang baik. Ini bukan soal tidak open minded, kalau istilah agamanya meninggalkan perkara Syubhat itu lebih baik, demi menyelamatkan agama dan kehormatan, maka dengan demikian kita lebih selamat.

Semoga dengan memahami manfaat dari membaca, menjadi pemicu untuk lebih semangat membaca. Sekian dulu ya, sampai bertemu di episode self care selanjutnya. Until next time! :)




Comments

Popular Posts