EPISODE 6 - SELF CARE; MENULIS JURNAL

Assalamu'alaikum, semoga kalian berada dalam kesehatan dan keimanan yang terbaik. Sudah saatnya melanjutkan episode self care nih...
Sejak kecil aku hobi banget menulis jurnal/diary. Tentang apapun yang sekiranya aku tidak bisa berbagi kepada siapapun maka aku akan menulisnya. Entah itu unek-unek, kejadian, goals, atau bahkan menulis puisi berdasarkan apa yang dirasakan kala itu. Menulis adalah kebebasan berbicara juga mengasah kemampuan dalam mengekspresikan apapun yang kita rasakan dan yang kita pikiran. Menulis jurnal juga bisa menjadi alat untuk penemuan diri. 

  • Menulis unek-unek bisa menjadi terapi yang melegakan. 
  • Menulis goals bisa menjadi motivasi untuk fokus pada apa yang kita inginkan dan kita tuju
  • Menulis kejadian penting atau cerita berarti kita sedang merekam sejarah yang mungkin suatu hari nanti bisa menginspirasi orang lain ketika kita memutuskan untuk membagikannya.
  • Menulis perkembangan dan merefleksi diri bisa membuat kita jadi tau apakah progress yang kita alami membaik atau memburuk, jadi jurnal yang kita tulis bisa dijadikan bahan analisis.
  • Menulis cacatan syukur akan membuat kita belajar untuk lebih pandai bersyukur.
  • Menulis puisi bisa jadi harta karun untuk dibukukan, mungkin? who knows hehe...
  • DLL


Bukan cuma katanya, tetapi secara psikologi menulis jurnal juga sangat baik untuk kesehatan mental. Dan jujur aku sudah merasakan itu. Buku jurnal itu ibarat ruang special untuk diri kita menuangkan apapun yang kita mau, sebebas-bebasnya. Mungkin setiap orang memiliki versi yang berbeda. Bagiku pribadi menulis jurnal adalah memasuki ruang meditasi. Dimana di sana aku menemukan ketenangan, kelegaan, dan kepuasan.
Tak jarang orang selalu bingung mau mulai dari mana. Padahal yang dibutuhkan hanya buku dan pen, lalu tuangkan apapun yang ada dalam pikiran. Karena menulis jurnal/diary tidak perlu memiliki skill yang handal dalam kepenulisan. Malah justru ketika membiasakan diri untuk menulis, suatu saat nanti pasti akan terlihat perubahan skill kita dalam menulis. Jadi apa yang perlu dilakukan sekarang? Memulai!

Memulai itu berat bagi sebagian orang yang hobinya beralasan, padahal jika ada kemauan maka terbukalah jalan. Banyak yang tidak menyadari bahwa kita sering banget jadi pemula dalam hal baru, karena mustahil kan orang tiba-tiba jadi expert dalam suatu hal. Bukan hanya dalam masalah menulis saja, namun dalam segala hal pasti ada awalannya dan pertama kalinya. Jadi gimana, masih  mau beralasan apa lagi? hehe...

Share yuk pengalaman jurnaling kalian, di kolom komentar. Apa yang kalian rasakan dan bagaimana kalian memulainya. Kali aja pengalamanmu menjadi sumber inspirasi untuk orang lain. Because sharing is caring! :)

Okay dah, segitu dulu yak... untill next time!

Comments

Popular Posts