5 HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI SEBELUM LIBURAN KE SINGAPORE

Assalamu'alaikum teman-teman, semoga kalian berada dalam keadaan kesehatan dan keimanan yang terbaik. Nggak terasa ternyata sudah 2021, telat banget sih kalau mau ngomongin perggantian tahun karena kita sudah berada di pertengahan tahun. Maaf lama nggak nulis sejak terakhir posting. Kehidupan memang unpredictable, kalau kalian mau menganggap ini sebagai alasan juga it's okay sih :D
Aku yakin di tahun 2021 ini kalian semua pasti masih familiar dengan kata WFH, stay at home, social distancing, dll. Ya nggak sih? Yaiyalah...
Dan pastinya kita semua berharap pandemi ini segera berakhir biar semuanya bisa kembali normal seperti dulu. Termasuk juga bisa liburan. Sudah pada kangen liburan kan pastinya? Atau ada yang punya rencana liburan ke Singapore setelah pandemi selesai? Boleh nih dari sekarang nabung dulu.

Eh tapi sebelum liburan ke Singapore kalian harus tau dulu nih, apa aja sih yang nggak boleh dilakukan ketika di Singapore? Jangan sampai kalian melakukan kesalahan saat liburan di negara orang, kalau sampai berurusan sama hukum kan brabe.
  1.  JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN
Jangan sampai kebiasaan nyampah ketika di negara sendiri kebawa sampai ke negera orang, selain tentunya malu-maluin, membuang sampah sembarangan di Singapore itu bikin miskin dendanya. Lagian kan kebangetan kalau sampai membuang sampah sembarangan ketika berkunjung di negara orang.




    2. JANGAN MAKAN DAN MINUM DI TRANSPOT UMUM

Bagi yang ke mana-mana hobi ngemil please jangan ngemil pas lagi di transpot umum. Tahan... Pastikan dulu sudah keluar dari stasiun nya atau turun dari bus nya. Apakah ada dendanya? Jelas, untuk hal-hal yang dilarang kalau dilanggar pasti hukumannya denda sejumlah uang. Nggak main-main jumlahnya, seperti yang gue bilang tadi. Bisa bikin miskin. Jadi kalau nggak mau miskin mendadak silahkan patuhi peraturan. 



    3. JANGAN MENYEBRANG SEMBARANGAN

Magic hand ketika nyebrang jalanan di Singapore itu sebenarnya tidak berlaku, walaupun jujur saja masih terlihat banyak yang melakukan hal itu di beberapa tempat. Ya untungnya kalau tidak ketahuan, kalau sampai ketahuan fiks kalian miskin mendadak. Jadi daripada gambling dengan keadaan demikian mending patuhi saja peraturan yang ada. Lagian demi keamanan juga, kan nggak lucu lagi liburan malah ngundang musibah.

   

     4. JANGAN NGUNYAH PERMEN KARET

Menggunyah permen karet di Singapore itu dilarang sejak 1992. Pas gue lahir tuh haha... Namun sejak 2004, ada pengecualian jenis permen karet untuk kesehatan gigi yang disarankan oleh dokter yang juga bisa dibeli di parmasi dengan regitrasi menggunakan ID. Jadi bagi yang mau main ke Singapore pastikan jangan bawa permen karet, bawa permen lainnya aja.




    5. JANGAN MEROKOK SEMBARANGAN

Pada tahun 1986 pemerintah Singapore meluncurkan program nasional pengendalian rokok dengan tema, "Menuju Bangsa Non-perokok". Dan sampai sekarang Singapore masih terus mengkampanyekan itu, pada tahun 2019 jumlah perokok di Singapore turun dari 18.3% ke 10.6% dan itu dicapai melalui kombinasi upaya pendidikan legistatif dan publik. Salut banget sih, sampai pemerintahnya memikirkan kesehatan rakyatnya. Di Singapore ada area-area tertentu yang dibuat khusus untuk para perokok. Jadi buat perokok saran gue sih berhenti aja :P


Nah, itu beberapa hal yang jangan sampai kalian lakukan ketika sedang liburan di Singapore. Ini hanya pegetahuan dasar aja sih, biar kalian jangan sampai miskin ketika pulang dari liburan hehe... Segitu dulu deh berbagi infonya, ntar lain kali gue nulis lagi. Kagok banget nih nulis setelah vakum lama, halahhh alesan aja wkwk

Tetap jaga kesehatan ya teman-teman, dan terus berdoa ya supaya pandemi ini cepat kelar. Aku juga pengen banget dong liburan :)

Comments

Popular Posts